tutorial VRay - VRay Light - 17061301




tutorial VRay - VRay Light - 17061301

VRay - VRay Light, Vray Sun, IES Light

Unit Setup (general rollout)
base on : Image, Luminous Power, Luminance, Radiant Power, Radiance ...
Luminous Power (lm) diukur dalam satuan lumens, atau simple nya dalam 100 watt sama dengan 1500 lumens.
Luminance (lm/m^2/sr) diukur dalam satuan lumens per meter persegi, dalam kata lain diukur dalam lumens yang masih sedikit bergantung dari besar kecil nya lampu.

Radiant Power (W) diukur dalam satuan watt.
Radiance (W/m²/sr) diukur dalam satuan watt per meter persegi, dalam kata lain diukur dalam watt yang masih sedikit bergantung dari besar kecil nya lampu.

dari warna nya kita bisa set berdasarkan default Color atau berdasarkan Temperature (Kelvin unit)


VRay Light
sebenarnya default VRay light itu Area light (Decay), distribusi cahaya nya tergantung jarak antara light source dan object target nya, makin jauh itensitynya berkurang (light energy)

Light : Plane, Disc, Mesh
default light parameter nya VRay di Plane, Disc, Mesh light

Light : Dome
tidak seperti light Plane, Disc, Mesh ... Dome light membutuhkan intensity yang jauh lebih kecil (1/10 intensity). berbentuk kubah, distribusi cahayanya seperti Image Base Lighting (IBL)

VRay Sun
Sun Light ini sebenar nya spherical light yang posisinya menentukan intensity atau multiplier cahaya nya, termasuk bgmn shadownya. (Intensity kecil)

bila possi nya tinggi maka intensity nya akan menguat (ambient siang), tetapi bila posisi Sun Light nya rendah akan melemahkan intensity nya (ambient pagi atau sore), begitu juga dengan kondisi shadow nya juga akan mengadaptasi dengan sendiri nya.

ketika kita menggunakan VRay Sun, maka kita akan di berikan VRay Sun dan VRay Sky sebagai evironment map nya (HDR Image). ketika kita membatalkannya kita harus mendelete kedua nya. (suka tetap putih kalau hanya VRay Sun nya saja yg di delete)



tutorial VRay - VRay Light - 17061301

VRay IES Light (Illumination Engineering Society)
satu satunya Photometric Light dari Vray ini sebenar nya ingin mensimuate lighting yang benar benar menggunakan perhitungan dan kalkulasi yang sebenar nya seperti dalam real live.


IES Light membutuhkan IES file untuk kalkulasi yang sebenarnya sesuai piihan yang kita perlukan. (banyak di Internet, free download IES Light files)


VRay Ambient Light
ambient light adalah satu satu nya jenis light yang flat tanpa kontras, karena distribusi cahaya nya sangat sangat rata.

banyak di gunakan untuk mensimulate rata rata diffusing dalam suatu scene, sehingga bila rata rata dlam scene tersebut mayoritas berwarna biru makan ambient akan blueis ...


VRay Video Tutorial List :
VRay - an Introduction in 3DS Max : http://bit.ly/2CmpKC9
VRay - VRay Light : http://bit.ly/2lrYFTv
VRay - VRayMtl : http://bit.ly/2lqUw2c
VRay - Material ID's VS Object ID's : http://bit.ly/2CmOeZp

VRay - VRayCarPaintMtl : http://bit.ly/2Dy6OgG
VRay - VRayFlakeMtl + VRayStochasticMtl : http://bit.ly/2BUjv4S
VRay Transclucent - VRay2SidedMtl : http://bit.ly/2CaDqRk

VRay - VRayMtl pt01 :http://bit.ly/2BT2uYQ
VRay - VRayMtl pt02 : http://bit.ly/2Eerb3F
VRay for Revit - online discussion : http://bit.ly/2CmSF6q

#vray #vraylight #3dsmax #maya #autodesk #rendering
#vrayrendering



tag : autodesk maya modeling tutorial for beginners, autodesk maya modeling character, autodesk maya modeling tutorial, autodesk maya modeling toolkit, autodesk maya speed modeling, autodesk maya face modeling tutorial, autodesk maya 2017 modeling, Autodesk Maya Video Tutorial - Fast Introduction to Dynamic, Bayu Online Animation Class.

Comments